Header Ads

YANG TERLUPAKAN PENGANGKATAN HB X (Bag. I)





Sedulur Sabrang : Bagaimana suksesi Sultan HB IX ke HB X ?
Kawula Mataram : Selanjutnya adalah kebijaksanaan sultan yang sedang memerintah untuk menetapkan siapa yang akan menjadi putra mahkota untuk nantinya diangkat menjadi sultan berikutnya. Untuk Keraton Jogjakarta pada waktu itu, putra mahkota belum ditentukan secara final. Tetapi petunjuk ke arah itu telah diberikan ketika putra Sultan HB IX yang tertua yaitu Herjuno Darpito yang pada tahun tersebut berumur 36 tahun ditetapkan menjadi Kanjeng Gusti Pangeran Harya (KGPH) Mangkubumi.
Sultan HB IX mengatakan, “Terus terang apabila seseorang telah diberi gelar Mangkubumi, itu adalah langkah pertama  ia dicalonkan menjadi putra mahkota. Tetapi apakah ia akan benar-benar akan menjadi putra mahkota, masih tergantung penilaian, atau katakanlah periode ia menjadi Mangkubumi adalah periode penjajagan. Saya menilainya, para keluarga pun menilainya, untuk nanti pada peretemuan keluarga, sebagaimana waktu saya dulu ditetapkan, apakah ia bisa diterima atau tidak sebagai putra mahkota.”
Demikian penjelasan HB IX tentang suksesi Kasultanan Ngayogyakarta Hadiningrat atau calon yang akan menggantikannya. Lamanya masa penilaian juga tidak ada pathokannya.


Sumber : Ahmad Sarwono, DR. Sulistyono, Heru Syafruddin Amali, MPd.I., Merajut Mataram untuk Indonesia (Jogjakarta: Shalahuddiningrat, 2017),  hlm. 50-51.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.