Header Ads

PESAN HB IX: GUBERNUR DIY PERLU DUKUNGAN RAKYAT





Sedulur Sabrang :  Bagaimana masa depan Kasultanan Nagyogyakarta menurut Sultan HB IX?
Kawula Mataram : Mengenai masa depan Kasultanan Ngayogyakarta akan berjalan terus sebagaimana ratusan tahun sebelumnya. Artinya, kasultanan akan tetap ada sebagaimana misalnya Kasultanan Cirebon dan lain-lain dengan seorang sultan yang bertahta dan berfungsi sebagai kepala keluarga keraton.
Sedulur Sabrang : Apakah setiap Sultan Jogja selalu menjadi Gubernur?
Kawula Mataram : Perkara jabatan gubernur, Sultan HB IX berkata, “Tetapi apakah Sultan (Jogja) itu sekaligus menjadi Gubernur Kepala Daerah Istimewa Yogyakarta, sebagaimana tercantum dalam undang-undang tentang daerah istimewa?” Pertanyaan itu dijawabnya sendiri, “Itu terserah nanti.”[1] Menurut arahan Sultan HB IX, hal tersebut biasanya dibicarakan dengan pemerintah pusat, sementara selalu harus dilihat pula apakah rakyat setempat juga menyetujuinya.
Sumber :

Ahmad Sarwono, DR. Sulistyono, Heru Syafruddin Amali, MPd.I., Merajut Mataram untuk Indonesia (Jogjakarta: Shalahuddiningrat, 2017), hlm. 51.



[1] Mohamad Roem, Mochtar Lubis, Kustiniyati Mochtar, S. Maimoen, Tahta Untuk Rakyat, Celah-selah Kehidupan Hamengku Buwono IX, (Jakarta: Gramedia), hlm. 123

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.