Header Ads

LEBIH DARI 2 JUTA WARGA JOGJA MENOLAK BAWONO


Akhir bulan Juli 2017, sejumlah 22 organisasi elemen masyarakat di Jogjakarta mewakili lebih dari 2 juta warga Jogjakarta melayangkan surat berisi somasi. Surat-surat tersebut berisi somasi atas keputusan DPRD Jogjakarta yang tidak tegas mengawal pelaksanaan Undang-undang Keistimewaan Jogja, UUK No: 13, Tahun 2012.

Keputusan DPRD dianggap masih ambigue, yakni mengakui secara formal Sultan Hamengku Buwono yang akan diangkat menjadi Gubernur D.I. Jogjakarta, sekaligus mengakui pula sultan yang bertahta di Kraton Jogja adalah Hamengku Bawono yang membuat polemic dan membuat perpecahan dan kegaduhan warga Jogja, dimana gelar Hamengku Bawono tidak dikenal oleh UUK N0; 13, Tahun 2012.
 
Syarat Gubernur D.I. Jogjakarta adalah Sultan yang bertahta, maka berkas-berkas persyaratan gubernur yang bergelar Hamengku Buwono diterima DPRD dengan mengandung konsekuensi logis hanya ada satu sultan Hamengku Buwono yang bertahta di Kraton Jogjakarta yang berhak diangkat menjadi Gubernur Daerah Istimewa Jogjakarta. Dengan demikian seluruh produk Hamengku Bawono, seperti: Sabdaraja, perubahan gelar, pengangkatan putra mahkota dari anak perempuan, dan seterusnya batal demi hukum.
 

 Pada hakekatnya warga Jogjakarta amat mencintai Sultan Hamengku Buwono beserta Kasultanan Ngayogyakarta Hadiningrat dan berniat menyelamatkan Sultan Hamengku Buwono dari benalu Kasultanan Ngayogyakarta yang menjerumuskan menyelewengnya pelaksanaan UUK No: 13 Tahun 2012 menjadi Hamengku Bawono yang merusak Paugeran Kasultanan Mataram Islam Ngayogyakarta Hadiningrat.


Berikut ini daftar 22 elemen masyarakat menolak penetapan Gubernur DIY disebabkan tidak sesuai dengan UUK No 13, Tahun 2012, Paugeran Adat Mataram Islam Ngayogyakarta Hadiningrat, serta menyelisihi aspirasi mayoritas rakyat Jogjakarta:
1. Keris Jati
2. Majlis Takmir Masjid Pathok Negoro
3. Pejuang Mataram Islam
4. Paguyuban Sekar Aji Noto Budoyo
5. Pejuang  Khalifatullah 2
6. Pondok Pesantren API
7. Majlis Taklim Al-Hikmah Srandakan
8. Majlis Taklim Al-Istiqomah
9. Majlis Taklim Al-Jariyah
10. Majlis Taklim Miftahul Jannah
11. Majlis Taklim Padang Ati
12. Majlis Taklim Tahsinul Qur’an
13. Majlis dzikir Sunan Kalijaga
14. Majlis Dzikir Al-Huda
15. Majlis Taklim Darunnajaa
16. Laskar Satrio Kinayungan
17. Forum LSM DIY
18. Majlis  Al-Hikmah Cabang Bantul
19. Paguyuban Warga Yogya Istimewa
20. Paguyuban Trah  Ki Ageng Giring
21. Pondok Pesantren Ashomadiyah
22. Majlis Khuffad

 Jogja, 16 Agustus 2017

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.